VaRry.: Maybe I was born to be a Theatre Director??

image

Update :

image

Ada tambahan sedikit di depan panggung, dimana temen2 yang belum bermain duduk bersila, semuanya menggunakan baju hitam2, tujuan sasaran mereka ada disitu adalah untuk bantuin chanting dan gibberish. Jadi ketika mereka tidak bermain di adegan trsbt, mereka chanting, walau mereka menghadap ke panggung, tapi projeksi chanting mereka menembus rusuk penonton dibelakang mereka. Mereka juga blend in dengan penonton.. Membentuk telapak kuda. Overall kostum pemain menggunakan baju hitam2 sebagai dasar, kemudian hnya ditambahkan aksesoris dan kostum khiasan yg lain, yg sesuai dengan peran mereka. Ini menggunakan teknik Brecht. Breaking the fourth wall.

Pertemuan ke 9
Sat, 6th February 2016

Berat.

Itu satu kata yang bisa gue deskripsi kan untuk kelas / pertemuan hari ini.

Sejak gue di tunjuk untuk jadi sutradara.. Seakan2 otak gue sebagai aktor udah off dan gue lost my purpose and eagerness utk dtg ke kelas akting? Karena kerjaan sebagai sutradara sebenernya bisa dilakuin diluar kelas dengan merapikan naskah, membaca2 naskahnya kembali, adain units of actionsnya, apa yang mau dia achieve, dsb.

Akhirnya gue datang super telat, namun sepertinya mereka baru mulai….

Kelas langsung dimulai dengan aransanmen adegan dan diskusi soal Naskah Lear, Prolog – Adegan 1.

Kemudian diteruskan ke sasaran adegan / Units of Action, sasaran permainan, super objectivesnya and subtextnya dari masing2 karakter yang muncul di adegan 1 dan Prolog. 

Sambil sembari dilampirkan beberapa teori2 filosofi yang deep dan gue gak ngerti.

I zoned off.

image

Cuplikan arti Ibu dari SCnya Aimee

image

image

image

image

image

…….. Sedikit break……….

image

‘Iya, harry styles itu ganteng… πŸ˜„ ‘

Okeh. Balik lagi ke kelas hari ini…

Banyak banget yang dibahas…  Smpe pas istirahat pun mas is lanjut dengan diskusinya diluar sambil ngerokok sama temen2 yang tahan dengan rokok plus ngerokok juga hahaha…  Sementara gue sama mia, mryna, tre, sama mbak ine di dalam studio ngomongin soap Tremor / voice work gimana ngebuka ribcage and diaphragms kita..

Jd ada ide buat buka workshop khusus untuk voice acting.. πŸ˜„ πŸ˜‚ yuuk.. Udh gw kontak temen ekeu yg di Ozzieland..  Tgal cari2 sponsorr.. πŸ˜„

Anyways, tadi pas pembacaan naskah, untuk prologuenya gue udah dapet gambaran stagenya…  trus pas bagian putri sulung…  gue gemes pengen banget baca / sharing subtext yang udah gue pelajari dari Putri Sulung tapi trnyta bukan ekeu yang dipake jadi si Putri Sulung..  Haha.. Padahal kmrn udah ngebayangin enaknya jadi Putri Sulung…. Banyak bayang2nya… Trus bayang2 sama abdi2nya ngikutin doi terus2an.. Whaa superior bgt deh haha…

Anyways… Perasaan gue pas ditunjuk Menjadi seorang Sutradara.. Yes, of course, I can do it!   But my challenge is… ( yg gue rasa sebenernya Mas Is udah tahu ini pasti tantangannya gue) This time, menjadi sutradara Untuk culture Teater Indonesia.. 

YANG DIMANA:

1) Gue perlu diskusi lebih dalam sama mas is untuk menyamakan visi beliau apa.. Supaya bisa kompak dsb..

2) suddenly gue ngerasa / bisa menafsirkan kayaknya bakalan gue yang jadi stage managernya.. (dari aktor ke director ke SM.. Haduhh…) 

3) setelah gue ditunjuk jadi sutradara sama mas is, gue gak ngerti role gue yang jelas apa. Dan memang semakin gue observe kok malah jadi nantang yah… Karena gue terbiasa saklek.. Semua role jelas dan yang ngerjain apa dan apa ada dan jelas.. Ntah akan bagaimana nanti diriku klo sistem management teater yang bagus dan rapi yg telah gue pelajarin jauh2 di Negeri Koala itu akan diubah2 balik lagi ke management teater indonesia (kayak waktu gue di sMA dlu sblm kuliah Teater) yg seringkali yaaa begituu… Semuanya dikerjain, rolenya apa jd gak jelas.. Jd sistemnya yg gak jelas… Atau bahkan lebih ngutamain outer layer dalam segi akting sehingga subtext dan inner layernya gak sampe dan gak ditelaah dgn baik.. #jgnsampekayakgini #nightmarenih!

4) I don’t believe in two people directing at the same time. So its either mas is sutradara,  gw astrada (yg rata2 kerjaannya cuman nulis and observe aja plus kasih gagasan2.. Tp ttp ntr ga bakalan dipake)  atau Mas is sutradara gue Stage manager..  Intinya, ya itu.. Gue perlu kejelasan, role gue apa, what do you expect of me, whats your vision. What do you want out of me, sampe segimana autoritas gue dgn role ini, etc. Sehingga gue bisa identified my self with it.

Bakalan challenging emang..

Berdasarkan perckapan gue tadi sama mas is.. Beliau punya visi aktornya seperti apa.. Semntara secara artistik gue pengennya pertunjukan yang simpel tapi bikin baper / penonton merinding… / Menggugah emosi penonton..  Jadi simpel, fokus sama subtext, dan gak banyak aksesoris.. 

Gue rasa yang harus kita lakukan adalah menyamakan visi dan misi… Sehingga semuanya jadi jelas dan indahnya kolaborasi seni itu terjadi dengan baik dan seru.. Dan mungkin saja untuk pertama kalinya di dunia ini.. Ada dua sutradara yang menggabungkan visi mereka untuk menjadi sebuah pertunjukan yang tdk terlupakan…

#koklama2gueberfilosofisginiyahhh #gaswat #hadoohh
#tadiguebilangokenyaudahkayakMasIS #omg #haha

Anyways.. Pe er gue hari ini adalah

1) Gereja pagi (colek dipa 😝)
2) bikin gambaran adegan 1
3) nanyain sama Mas Is istilah2 yg dia ajarin dlm bahasa Indonesia kayak sasaran dsb dalam bahasa inggris itu apa.. Jd ekeu ndak bgung..  πŸ˜„

Alright then.. Gak sabar buat besok coba adegan sesuai gambaran yg gue gambar..  Sama ketika satu waktu gue bsa share voice Tremor work with the class sebelum performance kita! 😘 πŸ’œ

Leave a comment